Tak Perlu Tunggu Ide Cemerlang, ACTION-kan Ide Bisnis Yang Ada Sekarang

Ade Pentagram-www.warunginformasi.wordpress.com

Coba anda tanyakan pada anak-anak anda yang tahun ini baru masuk Sekolah Dasar. Tanyakan, apa cita-citanya?Saya yakin jawaban yang keluar adalah dokter, pilot, menteri atau bahkan presiden. Mereka memang selalu mengidamkan hal-hal besar.

Tapi sekarang coba tanyakan pada diri anda apa rencana bisnis anda? Apakah sifat jawabannya sama dengan anak SD?

Tentu saja tidak. Anak-anak menjawab sekenanya, sedang anda biasanya menjawab sesuai realitas.
Seorang pebisnis memang harus realistis. Banyak orang, saya harap anda bukan salah satunya, selalu mengidamkan ide-ide besar. Misalnya, dia ingin menaikkan penjualan 100 kali lipat dalam sehari.

Keinginan seperti itu kerap membuat anda terjebak pada sindrom ide besar tanpa ACTION. Anda mudah terbuai keinginan yang tinggi tanpa usaha mewujudkannya. Sindrom ini bahaya karena bisa membuat anda melamun, bahkan “terbang” melayang terlalu lama dan tak menjejakkan kaki di bumi. Dan itu bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis anda.

Menaikkan penjualan, apalagi sampai 100 kali lipat memang keinginan semua pebisnis. Tapi jika anda menginginkannya dalam waktu sehari, itu namanya tak realistis. Jangankan menaikkan 100 kali lipat, dua kali lipat saja sudah cukup gemilang.

Bagaimana agar tidak terjebak pada ide-ide besar yang kosong seperti itu?

Sekarang, coba tulislah keinginan anda dalam seminggu mendatang. Dari daftar keinginan itu mungkin anda temukan beberapa keinginan yang tak realistis. Langsung coret saja! Sisakan hal yang menurut anda mungkin anda raih.

Selanjutnya, cermati keinginan yang tersisa. Mana yang bisa anda dapatkan dalam waktu paling dekat, hari ini atau besok. Prioritaskan kegiatan yang paling mungkin anda wujudkan. Rinci tujuan tersebut dengan rencana-rencana kecil. Misalnya, anda ingin memiliki blog sukses spektakuler, mulai saja dari membuat blog.

Nah, lakukan hal itu pada keinginan-keinginan anda yang lain. Buatlah rencana-rencana kecil yang detail untuk mendapatkannya.

Ide-ide sederhana yang anda temukan saat anda menyusun rencana sangat berharga. Jangan anggap remeh ide yang tiba-tiba melintas dalam benak anda. Jika ide itu cepat anda kerjakan, yakinlah suatu saat bisa berubah menjadi ide yang sangat besar untuk menghasilkan uang.

Ini contoh kecil yang sering dialami orang. Saat duduk di meja makan, atau sedang menikmati secangkir kopi, tiba-tiba muncul keinginan mengirim email penawaran pada seorang kenalan. Ketika ide itu melintas, banyak orang tak melanjutkannya dengan tindakan. “Itu kan bisa dilakukan nanti atau besok-besok saja,” mungkin begitu pikirnya.

Saat sebuah ide melintas, itu sebenarnya awal dari puluhan atau ratusan ide lain. Jika anda mengeksekusi ide pertama, ide-ide yang lain akan berdatangan. Meski awalnya anda hanya ingin mengirim email penawaran, banyak ide-ide besar di belakangnya.

Tapi karena ide yang datang pada anda tak segera dieksekusi, ide lainpun mati. Sangat sayang kan?
Baiklah, anda kemudian berjanji tak akan menyia-nyiakan ide. Tapi sebuah ide kadang datang saat anda sedang repot.

Jika itu yang anda alami, buatlah catatan- kecil. Catat apapun ide yang datang pada anda. Bisa di kertas, blocknote, atau handphone. Simpanlah catatan itu baik-baik seperti anda menyimpan uang. Karena ide sama berharganya dengan uang. Kemudian saat anda memiliki waktu luang, segera ACTION. Jadikan ide sederhana sebagai jalan mengubah nasib anda yang lebih baik selamanya.

Choice

~ oleh warunginformasi pada November 27, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: